Pentingnya Menjaga Silaturahmi

by xxx2 on 10:04 PM, 08-Mar-11

Seringkali kita mendengar istilah bahwa silaturahmi memperluas rejeki dan bisa memperpanjang umur kita.Tentu saja,kita juga sering mendengar peringatan dari Allah tentang orang-orang yang suka memutusan tali silaturahmi.Sebaliknya,kita juga sering mendengar janji-janti pahala dari Allah bagi mereka yang menjaga silaturahmi.
Silahturahmi pada dasarnya bertujuan baik untuk tetap menjaga hubungan persaudaraan.Siapapun dianjurkan melakukan pada agama apapun.Orang yang bersilaturmi,sudah tentu memiliki banyak teman dan karib kerabat.
Nah berbicara tentang silaturahmi,ternyata Allah telah menyuruh kita jauh-jauh hari untuk menjaga ikatan silaturahmi tersebut, dalam artian menjaga hubungan kekeluargaan dan persahabatan.Apa yang Allah perintahkan tentu saja memiliki hikmah tersembunyi dibaliknya.Hal ini sama sekali tidak dapat kita bantah.
Memang dalam keseharian,kebanyakan dari kita memahami silaturahmi hanyalah sebatas kunjungan kekerabatan,kangen-kangenan,saling mengenalkan antar keluarga,dsb.Tapi makna terpenting dari silaturahmi itu sendiri sesungguhnya sering terlupakan.
Lantas,apa makna pentingnya? Tak lain dan tak bukan adalah saling mengingatkan dalam kebenaran,saling menguatkan iman,saling meneguhkan dalam satu ikatan ukuwah Islamiyah.Manfaat silaturahmi salah satunya memang bisa memperpanjang umur dan bertambah rejekinya.Rasulullah saw bersabda "Siapa yang senang untuk dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya,maka hendaklah ia menyambung silaturahmi(HR.Bukhari)".
Yang dimaksud dengan bertambahnya umur itu bukan semata-mata terletak pada bilangan tahunnya,tetapi bagaimana memaknai umur tsb.Yaitu intinya keberkahan umur.Bisa saja,ada orang yang umurnya pendek tapi dikenang,sebaliknya ada juga yang panjang umurnya,tetapi justru tak bermakna alias tidak memberi kesan manfaat yang mendalam.
Lalu apa maksud silaturahmi dapat menambah rejeki?
Ingat,rejeki itu tidak hanya berupa materi.Rejeki itu sejatinya dimaknai sebagai sesuatu yang mengandung manfaat dan menjadikan hati bahagia dengan mendapatkannya.Tentu saja silaturahmi menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan rejeki tersebut.Dengan Silaturahmi kita bisa saling mengenal,mengetahui kondisi keluarga masing-masing,mengetahui apa yang saudaranya butuhkan,maka secara naluriah,kita akan merasa menyesal bila tidak berbuat baik dengan sesama.Maka sepatutnyalah kita bersemangat untuk bersilaturahmi.Ingat,barangsiapa yang menyambung silaturahmi,niscaya Allah akan "berhubungan" dengannya.Dan barang siapa memutuskan silaturahmi,maka Allah pun akan memutuskan "hubungan" dengannya.
Semoga artikel singkatku malam ini dapat mendatangkan hikmah bagi kita semua.Amien.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

36 responses to "Pentingnya Menjaga Silaturahmi"

Ivhon GoBlog [10:22 PM, 08-Mar-11]

Benar gan, silaturahmi itu memang indah. smile

Fitrian [10:52 PM, 08-Mar-11]

@Ivhon: Thnks ya bro atas koment n kunjungannya.

arieftewe.blogspot [10:57 PM, 08-Mar-11]

sip udah g error lg kn? Postingan yang bagus sob. Mengingatkan aq pada dasar silat tur rohmi.

arieftewe.blogspot [10:59 PM, 08-Mar-11]

udah g error lg. Thank dh brkunjung d blogspot. Menandakan admin menjaga silaturahmi wlo mwb td eror.

Fitrian [11:01 PM, 08-Mar-11]

@arieftewe: Alhamdulillah engga eror lg bro.Thnks ya dah mampir

sinyobain ® [11:36 PM, 08-Mar-11]

Makan indomie campur kornet,jalin silaturahmi lewat internetmrgreen piSs Bro

Anak Raper [11:42 PM, 08-Mar-11]

ane juga mau bersilahturahmi ah..smile

Fitrian [11:58 PM, 08-Mar-11]

@sinyobain �: hehe thnks ya bro dah mampir

Fitrian [12:00 AM, 09-Mar-11]

@Anak Raper: thnks ya bro dah mampir

Handoko [12:51 AM, 09-Mar-11]

silaturahmi bro., persaudaraan antar mwbers semoga ga akan pernah putus, dan semoga mwb kita tercinta tmbh keren & mantab..

AwiNothing [02:04 AM, 09-Mar-11]

Asslmlkm
Salam kenal dariku
Dan aku persilahkan untuk berkunjung balik diblok'ku. Ada aplikasi menarik buat sobat bloger MWB untuk dicoba
Terima Kasih
Wasslmlkm
biggrinbiggrinbiggrin

Fitrian [07:00 AM, 09-Mar-11]

@Handoko: Amien Ya Rabb Alamien.Thnks ya bro dah mampir

Fitrian [07:03 AM, 09-Mar-11]

@AwiNothing: Wa alaikum salam,lam knal jg bro.Yupz ntar Q maen ketempatmu n thnks ya dah mampir

Fitrian [07:04 AM, 09-Mar-11]

@AwiNothing: Wa alaikum salam,lam knal jg bro.Yupz ntar Q maen ketempatmu n thnks ya dah mampir

Satriavi [07:54 AM, 09-Mar-11]

met pagi sob.met
aktifitas.Smga Allah senantiasa
memberi limpahan rahmad dan
hidayah bg kita smua.Amien

Fitrian [08:35 AM, 09-Mar-11]

@Satriavi: sm2 sob,met pg jg

Yadi [08:43 AM, 09-Mar-11]

met pg bang Fitrian betul bgt to bang, wlaupun tngan tk brjabat n wjah tk brtatap, bersilahturahmi sngat brguna to persaudaraan nantar mwbers semoga ga akan pernah putus razz razz

Fitrian [09:12 AM, 09-Mar-11]

@Yadi: met pg jg sob,Yupz btl bnget,kita ssma mwber hrs tetap solid.Thnks ya sob dah mampir

Never [04:59 PM, 09-Mar-11]

Marilah kita jalin tali silaturohmi...

Rao [06:46 PM, 09-Mar-11]

NiH saya jg lg berSilatUrahmi mrgreen

Fitrian [07:44 PM, 09-Mar-11]

@Never: Yupz bro n thnks ya dah mampir

Fitrian [07:46 PM, 09-Mar-11]

@Rao: Thnks ya bro dah bersilaturahmi kesini

Reza 'weep' [07:00 PM, 10-Mar-11]

jalan2 smbil silaturahmi.

Satriavi [10:45 PM, 10-Mar-11]

ronda mlm bang.lg keliling kampung mwb.sapa taw da yg mau sahur.mksh bang

Fitrian [12:32 AM, 11-Mar-11]

@Reza 'weep': thnks ya bro dah silaturahmi keblogQ

Fitrian [12:32 AM, 11-Mar-11]

@Reza 'weep': thnks ya bro dah silaturahmi keblogQ

Fitrian [12:36 AM, 11-Mar-11]

@Satriavi: sm2 bro,thnks jg dah mampir

Amien [01:24 AM, 11-Mar-11]

salam silaturrahim...kunjungan dini hari..semoga dgn mempererat tali silaturrahim ini akan lbh baik lg tali persahabatan dimaya ini.

Fitrian [10:10 AM, 12-Mar-11]

@Amien: amiin ya Rabb alamiin,thnks ya sob dah mampir

Moldy [11:20 AM, 13-Mar-11]

btul bgt kang, yuk kang? Mampir jg ke gubuk ane,, kita jalin silahturahmi antr ssma anak kalsel?? Hohohomrgreen salah, antar ssma BlogMob MWBerz senusantara. . . .mrgreen

Fitrian [12:15 PM, 13-Mar-11]

@moldy: Yo za tmat ge Q meluncur keblog ikm,thnks sob lach dah mampir

Satriavi [08:05 PM, 13-Mar-11]

mlm sob.mampir lg nih.smbil BW.Ijin neduh bntar.mksh

Fitrian [10:19 PM, 13-Mar-11]

@Satriavi: mlm jg sob,Yupz silahkan sob

arieftewe [05:20 PM, 14-Mar-11]

sip.. Aq cm skedar silaturahmi krn km lbh dl maen di home q. Salam kompak selalu..

khansa NR [07:45 PM, 30-Jul-11]

salam ukhwah dan mari qta menjalin tl silaturahmi.....

haryadi [10:42 AM, 27-Jan-12]

mantap pak artikelnya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images